Tegal - Jogja Pakai Transportasi Umum? Siapa Takut



Kebetulan saya adalah orang Tegal. Tepatnya di Kecamatan Slawi. Kota kecil yang jadi pusat aktivitas pemerintahan daerah Kabupaten Tegal.  Rasanya beruntung sekali bisa tinggal di Slawi. Karena lokasinya yang strategis dengan fasilitas publik. Selain itu untuk pergi ke Kota atau liburan ke daerah lereng Gunung Slamet juga tidak terlalu jauh.

Bagaimana kalau kita akan pergi ke Joga dari Slawi atau Tegal? Mungkin dulu kita akan memilih transportasi umum seperti bus atau travel. Untuk travel sendiri ada banyak yang bisa mengantarkan kita ke Jogja. Mulai dari Travel Ramasakti, Travel Mada Trans, ada masih ada beberapa, saya lupa. Kalau memilih naik bus, kita bisa pilih Citra Adi Lancar (CAL). Kita bisa pesan tiket dari Terminal Tegal atau Terminal Slawi yang sekarang berlokasi di Dukuhsalam. Terakhir kali naik harga tiketnya Rp. 110.000. Dan kita bisa diantar sampai lokasi dengan shuttle yang telah tersedia di pool. Untuk jam keberangkatannya sendiri bisa pagi atau malam. Waktu tempuh normalnya adalah 6-7 jam.

Selain dengan bus atau travel, kereta api adalah salah satu pilihan yang kini digemari oleh kebanyakan orang. Selain tiketnya yang terjangkau, kenyamanan berkendara dengan kereta api sungguh tidak ada duanya. Biarpun kelas ekonomi, tapi kereta api saat ini sudah sangat bersih, nyaman dan kondusif. Tidak seperti saat pertama kali saya naik kereta di tahun 2012. Dimana penumpang berebut tempat duduk, pedagang asongan berhamburan bebas sepanjang gerbong, dan perilaku oknum penumpang yang kadang membuat penumpang lain merasa tak nyaman.

Di tahun 2016 lalu saat saya akan ke Jogja dengan kereta, biasanya saya pilih keberangkatan pagi, sekitar jam 8. Menggunakan kereta Kamandaka. Harga tiketnya dari Slawi 70.000, untuk sampai di Purwokerto. Loh, kenapa Purwokerto? Yup! Karena waktu itu belum ada kereta langsungan dari Slawi ke Jogja. Jadi nanti di Purwokerto kita akan melanjutkan perjalanan dengan kereta Joglokerto. Harga tiketnya waktu itu 60.000. Dan kita akan tiba di jogja sekitar jam 2 siang.

Bagaimana dengan sekarang?

Bergembiralah! Karena salah satu do'a saya terkabul. Akhirnya PT. KAI menghadirkan kereta yang bisa langsung membawa saya dari Slawi ke Jogja tanpa harus pindah ke kereta lain. So, tidak masalah kalau saya pulang-pergi bawa begitu banyak barang. Jadi ingat dulu pernah tertinggal kereta sambungan saat akan pulang ke Slawi. Tapi itu tidak akan terjadi lagi. Sekarang sudah ada kereta Joglosemarkerto yang bisa membawa kita langsung ke Jogja. Rute kereta ini sendiri melingkar dari Stasiun Semarang - Purwokerto - Jogja - Solo (PP). Harga tiketnya fantastis. Cuma 80.000 saja. Luar biasa kan? Untuk jadwal keberangkatan dari Slawi adalah jam 9 pagi, dan kereta akan tiba di Jogja jam 2 siang. Tidak beda jauh dengan jadwal sebelumnya. Untuk informasi lengkap jadwal keberangkatan sekaligus pemesanan tiket bisa pakai aplikasi KAI Access, Traveloka, atau beberapa aplikasi/website yang menyediakan layanan pembelian tiket kereta api.

Lalu kalau dari Jogja kita mau pulang ke Tegal, bagaimana? Kita bisa pakai kereta yang sama, yaitu Joglosemarkerto dari Stasiun Yogyakarta atau Stasiun Lempuyangan. Jadwalnya jam 7 pagi dan kita akan tiba di Slawi jam 12 siang. Kalau ke Tegal mungkin tambah 15 menit. 

Sayangnya jadwal kereta Joglosemarkerto hanya ada 1 kali dalam sehari. Jadi kalau kita ingin ke Jogja atau dari Jogja ingin ke Tegal di luar jadwal, bisa coba pilih jadwal kereta yang lain. Atau kalau mau yang lebih fleksibel bisa menggunakan travel.

Jadi tidak perlu bingung lagi kalau akan pergi ke Jogja. Atau barangkali ada yang dari Jogja ingin jalan-jalan ke Tegal? Ayo buruan. Aku tunggu kedatangan kalian 😃

Comments