Tempat Makan Murah di Jogja? Ada Kok!

Seperti yang kita tahu, Jogja adalah salah satu kota wisata favorit para pelancong. Dan biasanya tempat wisata itu terkenal dengan apa-apa yang serba mahal. Mulai dari penginapan, transportasi oleh-oleh dan kulinernya. Tapi ternyata itu tidak benar. Murah atau mahal itu tergantung pintar-pintarnya kita dalam mencari informasi. Apalagi untuk masalah makanan. 

Kadang banyak tempat makan yang tidak hanya menjual menu makanan, tetapi juga menjual tempat. Semakin bagus tempatnya, semakin mahal harga makannnya. Ingat, tujuan makan itu kenyang, bukan untuk dapat banyak like di instagram. Be realistic guys. Simpan kameramu. Ayo sekarang kita jelajahi makanan murah di Jogja yang patut kalian coba. Cussss...


Source : kooliner.com

Anaka kuliahan pasti kenal dengan tempat makan yang satu ini. Tempat makan yang menyediakan baaaaanyak sekali lauk-pauk. Mulai dari sayur, gorengan, olahan daging, ayam atau ikan. Dijamin saat kalian masuk ke tempat ini kalian akan bingung. Mau pake lauk yang mana ya? Dan istimewanya, harga makanan di sini cukup ramah di kantong. Tapi tergantung lauk apa yang kalau kalian ambil juga sih. Untuk nasi di sini kalian bisa ambil sepuasnya. Kalau tambah dengan 2 jenis sayur, 1 gorengan dan minuman, kalian tidak perlu mengeluarkan biaya sampai 10.000. Sedikit catatan saja, untuk makan malam saya tidak merekomendasikan tempat ini. Kenapa? Karena kalau sudah malam lauknya sudah tidak lengkap. Jadi cobalah bergeser ke tempat lain.

2. Angkringan 

Source : jokoway.com

Mencari angkringan di Jogja itu tidak sulit. Sepertinya dari sudut ke sudut yang lain ada banyak angkringan yang bertebaran. Dan di kawasan Stasiun Tugu Yogyakarta juga ada banyak angkringan yang sudah terkenal. Tahu kan angringan Kopi Joss? Namanya sudah sangat terkenal dan menjadi icon dari angkringan-angkringan yang ada di Jogja. Angkringan di sini buka setiap sore sampai tengah malam, kadang ada yang sampai menjelang pagi. Jadi jangan datang siang-siang ya. Kecuali kalau teman-teman mau mencari alternatif lokasi angkringan lainnya yang mungkin bukan 24 jam. Kaya Indomart kan? 😄 Biasanya harga satu bungkus nasinya 2.000. Porsinya memang tidak terlalu banyak, tapi sudah ada lauknya. Biasanya tempe orek, sambal teri atau sambal terasi. Untuk lauk tambahan seperti sate usus, ceker ayam, tahu/tempe bacem, harganya mulai 500 - 3.000. Masih cukup terjangkau. Asal jangan kalap yaah.


Source : miegacoan.com

Buat penggemar mie. Recommended banget ini. Dijamin kalian akan terperanga begitu melihat harga menunya. Apalagi tempat makan yang satu ini cukup sering memberikan promo-promo sepanjang tahun. Untuk menu andalan di sini ada mie seten dan mie iblis. Serem ngga tuh? Tapi jangan berpikir kalau kita akan makan dengan dikelilingi makhluk astral ya. Itu cuma namanya saja. Karena mie ini terkenal dengan tingkat level kepedasannya. Terdapat level 1 sampai 10. Jadi kita bisa sesuaikan mau tingkat kepedasan yang seperti apa. Untuk harga normalnya, satu porsi mie setan atau mie iblis dibandrol dengan harga 10.000. Kalau sedang promo, biasanya hanya dengan 6.000 kita sudah dapat satu porsi mie lengkap dengan dua pangsit / somay goreng. 


Source : foursquare 

Sebenarnya ini masih menjadi pertanyaan besar saya. Sebenarnya ayam geprek itu terlahir darimana? Kalau saya sendiri pertama kali mengenal ayam geprek ya di Jogja ini. Dan salah satu ayam geprek yang terkenal adalah Ayam Preksu (Geprek + Susu). Dengan harga mulai 12.000 kita sudah mendapatkan satu paket ayam geprek crispi + es teh jumbo. Untuk nasi bebas ambil sepuasnya, dan ada dua pilihan, yaitu nasi putih dan nasi uduk. Kurang lengkap apa coba? Dan kalau mau menambah menu lainnya tersedia juga sayuran seperti kangkung dan jamur. Katanya, Ayam Preksu ini adalah pelopor ayam geprek keju loh. Tahu sendiri kan kalau sekarang hampir semua tempat makan menyediakan menu dengan tambahan taburan keju di atasnya.


Source : gudegyudjumpusat.com

Yang satu ini pantang dilewatkan kalau kalian sedang berada di Jogja. Saya sendiri awal di Jogja hampir minimal seminggu sekali pasti menyantap makanan yang satu ini. Selain karena saya punya selera makanan manis, ternyata harga gudeg cukup terjangkau. Bahkan sekelas Gudeg Yu Djum yang sudah terkenal seantero nusantara juga memiliki harga yang ramah di kantong. Asal kalian jangan pilih menu dengan tambahan ayam yah. Kalau untuk satu porsi nasi gudeg + krecek (tanpa telur/ayam) bisa dibeli dengan harga 12.000 saja. Dan dijamin kalian tidak akan menyesal. Karena memang gudeg yang satu ini memiliki rasa yang khas dan kuat. Perpaduan antara manis, gurih dan pedasnya pas. Dijamin ketagihan.

Nah, mungkin itu beberapa rekomendasi tempat makan murah di Jogja. Bisa dicoba kalau sedang berlibur di Jogja. Sedangkan untuk teman-teman yang tinggal di Jogja karena alasan bekerja / kuliah, saya lebih menyarankan kalau jangan jajan setiap hari. Memasak nasi sendiri jelas akan sangat menghemat pengeluaran. Apalagi kalau kalian juga menyempatkan diri untuk memasak. Dijamin, tabunganmu akan cepat terkumpul dari hasil penyisihan uang makan. 

Kira-kira ada rekeomendasi tempat makan murah lainnya tidak ya? Kalau ada, kalian bisa tulis di kolom komentar, biar nanti saya kunjungi tempatnya dan bisa segera diupdate dalam posting ini.

Comments

  1. mau tanya, di jogja, ada tempat yang menjual pempek ngga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Yang terkenal ada Pempek Ny. Kamto atau Ulu Bundar. Kalo aku terus terang lebih suka Ulu Bundar. Lokasi ada di banyak tempat. Bisa langsung disearch, dijamin langsung ketemu.

      Delete

Post a Comment